Kamis, 10 Januari 2013

Flowchart Dan Siklus Suatu Perusahaan

        Nama            : Mohamad Ryan Andrian
NPM             :34110485
Kelas            : 3DB18
Judul            : FlowChart Dan Siklus Suatu Perusahaan
Tugas           : Sistem Informasi Akuntansi #(softskill 3)


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Informasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kelancaran suatu perusahaan yang mengarahkan kegiatan sehari-hari suatu perusahaan serta membantu dalam mengambil suatu keputusan.
Kerangka kerja yang tersktruktur yang lebih dikenal sebagai Sistem Informasi merupakan sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi dan di distribusikan kepada para pemakai, sehingga dalam hal ini sistem informasi sudah seharusnya mendapat perhatian yang diperlukan agar perusahaan dapat tetap berjalan secara efisien dan efektif. Sistem informasi akan cenderung makin meluas dan kompleks jika perusahaan bertumbuh semakin besar. Dengan adanya sarana ini, maka pimpinan dalam perusahaan dapat memadukan segala kegiatan usahanya, dan mengelola perusahaannya seefektif mungkin.
Suatu Informasi biasanya terdiri atas beberapa subsistem dimana subsistem ini bergantung kepada luasnya perusahaan, jumlah pegawai yang ada serta scope daripada perusahaan itu sendiri. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak semua perusahaan memiliki suatu sistem informasi yang memadai karena unuk mendesain suatu sistem itu sendiri diperlukan biaya yang cukup besar dan biasanya manfaat daripada sistem informasi ini baru akan terasa bila diterapkan pada suatu perusahaan yang besar dimana benefit yang akan diterima oleh perusahaan tersebut akan lebih besar dibanding dengan biaya (cost) yang telah dikeluarkan untuk merancang suatu sistem dalam perusahaan.
Dalam suatu perusahaan serangkaian didapati bentuk kecurangan yang dilakukan oleh para pegawai yang masih sering kali terjadi. Sistem informasi akuntansi dapat digunakan sebagai alat kontrol atau alat pengawas untuk mencegah yterjadinya bentuk kecurangan tersebut.
Suatu bentuk subsistem dari Sistem Informasi Akuntansi yang akan penulis angkat dalam penulisan ini yaitu : siklus pengeluaran dalam suatu perusahaan. Siklus pengeluaran yang ada dalam suatu perusahaan biasanya terdiri atas sistem pembelian, sistem pembayaran utang/sistem pengeluaran kas dan sistem pengeluaran kas dan sistem penggajian. Ketiga sistem ini merupakan bentuk kegiatan bisnis yang ada dalam  sutau perusahaan disamping sistem-sistem lainnya.
Tempat untuk mencatat dan menampung data ada di berbagai file basisdata. Masing-masing jenis data akan disimpan dalam tabel atau file tersendiri. Masing-masing file atau tabel akan dihubungkan dengan file lain sesuai dengan keprluan. Dalam siklus pengeluaran, basis data yang digunakan oleh perusahaan terdiri atas beberapa tabel pada tabel. Relasi masing-masing tabel diatas digambarkan pada diagram E-R seperti tampak pada gambar 13.11 berikut ini :  
DFD Siklus Pengeluaran
DFD (data flow diagram) merupakan diagram yang menunjukkan aliran data dan informasi dalam suatu sistem atau siklus. DFD terdiri atas beberapa leve, dimulai dari leve yang paling tinggi (disebut context diagram), kemudian dirinci menjadi level 0 (diberi kode angka dibelakangnya, misalnya 1.0,2.0,3.0, dan seterusnya). Level 0 dapat dirinci menjadi level 2 dan diberi kode angka sebanyak 1 digit di belakangnya, misalnya 1.1,1.2,1.3, atau 3.1,3.2,3.3 dan seterusnya. Level 1 apabila dirinci akan menjadi lebel 2 yaitu 1.1.1,1.1.2,1.1.3 dan selanjutnya. Context diagram Siklus Penerimaan dapat dilihat Gambar 13.13 berikut ini.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar